Bagaimana Hubungan Antara Filsafat Dengan Psikologi?

0
324
Bagaimana Hubungan Antara Filsafat Dengan Psikologi
Hubungan Antara Filsafat Dengan Psikologi

Pada dasarnya, filsafat dan psikologi memiliki hubungan yang sangat erat, bagaimana pun juga filsafat adalah induk dari segala cabang ilmu, baik itu psikologi, ilmu pengetahuan alam, matematika dan cabang ilmu lainnya. Namun saat ini psikologi sudah berdiri sendiri alias berpisah dari ibu kandungnya (filsafat).

Sebelum membahas hubungan mengenai kedua cabang ilmu tersebut, mari kita mulai dengan pengertian dari psikologi dan filsafat itu sendiri. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia atau ilmu pengetahuan mengenai gejala-gejala jiwa manusia.

Filsafat—setidaknya menurut pemahaman saya—adalah usaha manusia dalam mencari kebenaran. Sedangkan menurut watak dan fungsinya, filsafat adalah sekumpulan problematika langsung, yang mendapat perhatian dari manusia dan di carikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat. (Drs.Rizal Mustansyir M.Hum, 2000:2).

Mengapa filsafat dan psikologi memiliki hubungan yang erat? karena keduanya memiliki hubungan khususnya dengan filsafat ilmu tentang tujuan ilmu pengetahuan, sifat dan hakekat. Manusia adalah subjek utama dari ilmu psikologi karena mempelajari tingkah laku manusia, bagaimana ia berperan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akal, pengetahuan dan kehendak.

Sementara filsafat juga sama-sama berdasarkan dari apa yang dialami manusia, karena semua pengetahuan dan problema yang ada, haruslah bersentuhan terlebih dahulu dengan indra. Maka dari itu, ia harus mengetahui gejala tindakan manusia itu, dalam hal ini, ilmu psikologi akan membantu mencari jawaban dari pertanyaan filsafat atau problema tersebut dengan hasil penelitiannya.

Karena pertanyaan filsafat mengenai “manusia” akan sangat jauh dari kebenaran jika menghiraukan hasil peneitian psikologi. Filsafat akan selalu mempertanyakan jawaban, sementara psikologi menjawab pertanyaan dari masalah yang ada, sehingga dengan berfilsafat, psikologi akan mendapatkan solusi dari permasalahan yang tengah dihadapi.

Dari pembahasan tersebut, saya dapat menyimpulkan beberapa hal mengenai hubungan antara filsafat dan psikologi, diantaranya:

  • Ilmu psikologi membantu menjawab pertanyaan filsafat manusia melalui hasil penelitiannya.
  • Filsafat memberikan cara pola berpikir yang logis, sistematis dan rasional bagi para psikolog.
  • Filsafat mengankat asumsi-asumsi pada ilmu psikologi dan berperan sebagai “kritik” terhadap asumsi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.